|
master rem lama |
Hari ini adalah Tanggal 27 Nopember 2013 jadwal untuk memperbaiki mobil yaitu mengganti master rem mobil Hyundai accent. Karena kondisi pada remnya sudah diambang parah, tidak pakem,los dan amblas serta entah apalagi namanya yang jelas harus dikocok berkali-kali terutama ketika pertama kali dihidupkan.
Beberapa montir dari bengkel terkenal sudah mengklaim yang rusak adalah karet/seal pada master remnya. Awalnya punya rencana untuk mengganti karet/sealnya (harga karet Rp 125 ribu bukan ori tetapi kwalitas sama) saja tetapi mengingat, menimbang dan memutuskan bahwa rem merupakan salah satu part yang sangat vital terhadap mobil sehingga tidak boleh sembrono terhadap bagian yang satu ini.
Akhirya kami memutuskan untuk mengganti secara keseluruhan artinya yang kami ganti bukan saja karet/sealnya master saja tetapi kami ganti master remnya. Ini juga berdasarkan saran dan masukan dari montir bahwa apabila yang diganti hanya karet/seal master remnya saja maka besar kemungkinan hanya bertahan sekitar 2 s.d 3 bulan, alasannya karena karet/seal rem ini sudah menimbulkan kikisan pada bagian dalam dari master rem sehingga apabila hanya diganti keret/seal maka besar kemungkinan tidak sesuai dengan diameter master rem dangan diameter karet yang baru.
Setelah saya fikir-fikir masuk akal juga,dan memang seperti saya bilang diatas bahwa kami tidak boleh sembrono dalam melakukan modifikasi terhadap rem karena bila bermasalah akan menimbulkan resiko yang fatal.
Untuk mengganti master rem sebenarnya cukup mudah bisa dilakukan sendiri jika punya kunci-kunci. Kalau gampang kenapa tidak dilakukan sendiri? jawabannya seperti saya katakan dari awal bahwa rem tidak boleh sembrono jadi pengerjaannya kami serahkan kepada ahlinya.
Posisi master remnya lihat lingkaran merah.
|
proses pemasangan master rem |
|
letak karet/seal |
|
master rem setelah dipasang |
|
master rem yang lama |
|
posisi master rem |
Demikian bukti-bukti penggantian master rem, semoga bermanfaat