Jadikan artikel yang Anda posting merupakan jawaban atas permasalahan

Memasang Relay pada Lampu Depan Mobil

Contoh relay mobil

Lampu depan mobil merupakan bagian yang vital bagi pengendara terutama berkendaraan pada malam hari untuk melihat jalur jalan kendaraan dan sebagai tanda bagi pengendara lain ketika berpapasan.

Sebenarnya lampu standar dari pabrikan setiap mobil sudah cukup terang akan tetapi seiring dengan bertambahnya usia mobil maka timbul berbagai faktor penyebab berkurangnya pencahayaan lampu depan mobil, misalnya kaca batok lampu menjadi buram akibat pemanasan sehingga nampak hitam pada bagian dalam batok lampu.

Pemanasan ini dapat diakibatkan oleh adanya penambahan beban arus dari aki ke lampu, seperti pemasangan lampu tambahan sehingga berakibat terjadinya pemanasan berlebih didalam batok lampu, jika ini dibiarkan terlalu lama maka lampu depan akan menjadi buram. 

Sebenarnya ada layanan jasa yang menawarkan untuk menservice lampu depan mobil dengan janji akan kinclong kembali dengan target harga Rp 250.000,- bisa ditawar, pandai-pandailah dalam menawar harga khususnya di Bandung ada dialamat jalan Banceuy ( jalan utamanya yaitu jl Asia Afrika).

Selain melakukan service untuk membersihkan kaca mobil dengan bantuan jasa tukang service, pekerjaan ini juga bisa dilakukan sendiri akan tetapi memerlukan tingkat kehati-hatian untuk melakukannya sendiri sebab kadang kala memisahkan kaca lampu tersebut cukup rumit.

Kembali ke judul artikel ini cara memasang Rilay pada lampu depan mobil. Mengapa perlu memasang relay?

Relay adalah komponen elektronika berupa saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik.Salah satu fungsi relay yaitu memungkinkan pemakaian arus kecil untuk mengontrol arus yang lebih besar guna mengurangi beban Aki ( Accu) pada kendaraan.

Jika ingin mengganti bola lampu mobil dengan yang lebih terang, misalnya standarnya 55 watt akan diganti diganti dengan 90 watt supaya terlihat lebih terang, sebaiknya menggunakan relay sebab jika tidak menggunakan relay dapat mengakibatkan bolam ( bola lampu ) menjadi putus, dan soket lampu menjadi hangus karena panas yang dapat berujung pada kebakaran pada mesin. Oleh sebab itu, terlihat sepele namun dapat mengakibatkan hal yang buruk misalnya kebakaran.

Relay mobil dapat di beli pada toko peralatan mobil, beli saja yang sudah lengkap nanti tinggal pasang. Cara pemasangannya cukup mudah karena biasanya ketika membeli relay sudah dilengkapi dengan petunjuk pemasangan.

Demikian share kali ini semoga bermanfaat.

11 komentar:

  1. Mantap sekali artikelnya apalaga theme cssnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih putera Bahuga, thema buatan orang lain.

      Hapus
  2. Kirain djelasin cara pasangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, masang sangat simple mas. Ikuti petunjuk di cover yang disertakan pada saat membeli.

      Hapus
  3. kalau merangkai sendiri gimana Gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. merangkai sendiri belum pernah Gan, saya lebih suka beli yang siap pakai,gan. Jadi tinggal pasang, menghemat waktu.

      Hapus
  4. relay tuh ada berapa kwalitas ya apa ada kw 1, 2 dst dan harganya sekita berapa ya. Terima kasih gan

    BalasHapus
  5. Kalau kwalitas relay ada berapa gan trus harganya sekitar brapa ya. Terima kasih

    BalasHapus
  6. sudah cukup jelas, thanks gan selama ini saya pikir pasang relay rumit nggak tahunya cuma pakai soket dan simple

    BalasHapus
  7. saya mau tanya,lampu mobil saya standar wat 60,di pasang rilay bisa ngga lampu diganti dengan lapu 130 wat.trim

    BalasHapus

SARA, Pornografi dan Promo Online akan kami hapus.Terimakasih.