Jadikan artikel yang Anda posting merupakan jawaban atas permasalahan

Lampu Mundur Mobil menyala terus.

Contoh lampu mundur
Apa itu Lampu Mundur? lampu Mundur yaitu lampu yang berada dibagian belakang mobil yang akan menyala ketika mobil mundur atau masuk pada persenelin mundur biasanya berwarna putih, berguna untuk memberi isyarat bagi pengendara/orang yang berada dibelakang bahwa akan mundur atau sedang mundur, juga sebagai pencahayaan rute ketika sedang mundur. Sebagai contoh lihat gambar diatas.

Beberapa minggu yang lalu, lampu mundur pada mobil Hyundai milik istri saya menyala terus meskipun gigi netral, gigi 1, 2, 3, 4, dan 5 dan pada posisi gigi mundur. Hanya dapat dimatikan ketika mesin dimatikan. Kejadian ini sudah berlangsung sekitar 1 bulan tapi baru saya sadari ketika diberi tahu oleh driver kakak ipar saat konvoi melaksanakan wisata kuliner di Bandung pada malam hari.

Awal ceritanya begini, saat kami akan berangkat mobil kami menunggu depan pada jarak sekitar 200 meter didepan karena kebetulan kami lebih mengenal jalanan kota, dan mobil yang kami tumpangi dalam keadaan mesin dihidupkan. Tetapi mobil rombongan mereka tidak segera menyusul mobil kami padahal mobilnya telah dihidupkan, karena penasaran lalu saya menghampiri dan menanyakan situasinya barangkali mogok atau ada sesuatu tercecer. 

Tetapi ternyata, drivernya tidak berani maju karena mengira mobil kami sedang mundur sehingga driver memutuskan untuk menunggu kami dibelakang, jadinya saling tunggu. Ini karena lampu mundur mobil yang kami tumpangi menyala tanpa bisa dimatikan, memang terlihat sepele tetapi dapat mengganggu konsentrasi pengendara yang berada dibelakang setidaknya menimbulkan salah persepsi bagi pengendara lain.

Selang beberapa hari, kami biarkan saja dalam keadaan seperti itu, karena secara prinsif tidak terlalu menimbulkan pengaruh yang berarti. Tetapi ketika konsultasi pada seorang mekanik, ternyata keadaan ini cukup berbahaya. Mengapa? penjelasannya kurang lebih seperti ini, lampu mundur pada mobil disetting hanya menyala ketika dibutuhkan saja, artinya bukan untuk menyala dalam waktu lama.

Apabila menyala dalam waktu lama akan berimbas pada Batre / aki mobil, sehingga lampu mundur akan panas, panas berlebihan akan menyebabkan soket lampu meleleh atau bola lampu putus dan dampak terburuknya adalah kebakaran.

" kesalahan penggunaan kabel arus listrik dari aki dapat menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil" ungkapan seorang mekanik Hyundai.

Penyebab lampu mundur menyala terus atau mati total adalah adanya gangguan pada switch atret, yang perlu dilakukan adalah mengganti switch atret tersebut. Harganya berkisar antara Rp 100 ribu - Rp 150 ribu, tergantung merk dan jenis mobilnya. Sebaiknya bertanya pada beberapa toko spare parts mobil sebelum membeli karena biasanya berbeda harga.

Letak switch atret pada mobil Hyundai accent yaitu tertancap pada bagian mesin mobil, silahkan cari sebelah kiri persis didepan tempat duduk penumpang depan bukan didepan sopir, lalu cari sekitar dibawah batrei / aki mobil. Contoh swicth atret seperti gambar dibawah ini 
Contoh switch atret


Switch atret dapat anda ganti sendiri tanpa menggunakan jasa mekanik ( sekitar Rp 35.000 ) cukup siapkan kunci inggris ukuran kecil.
letaknya dibawah aki tapi bukan diakinya, periksa saja ada kabel yang tertancap pada mesin, agak kedalam / kebawah.

"ketika mencabut switch atret atau pada saat switch atret dalam kedaan tidak terpasang maka mobil jangan digunakan" ungkap seorang mekanik yang saat ini juga seorang PNS.

Demikian sharenya semoga bermanfaat.

2 komentar:

SARA, Pornografi dan Promo Online akan kami hapus.Terimakasih.